Kamar mandi dan tips membersihkan

Harga keramik lantai kamar mandi sangat bergantung kepada kualitas, bukan hanya merk. Dengan merk yang samapun masih dibagi lagi masing-masing grade atau kualitasnya. Harga-harga di kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Medan, Semarang, Bandung dan sebagainya mungkin harga tidak jauh beda, tetapi di kota-kota kecil mungkin harga akan lebih mahal karena biaya transportasi dan juga ongkos kirim.

Merk yang umum dipasaran seperti roman, mulia, arwana, asia tile, ikad, platinum, kia atau merk lainnya seperti import dari negara lain seperti China, Italia dan sebagainya. Murah dan mahalnya harga tergantung kualitas masing-masing bahan.

Ukuran paling umum yang dipakai untuk ubin kamar mandi adalah 20 x 20 cm tetapi itu tergantung selera pemilik rumah. Bahkan ada yang memasang ubin keramik kamar madi mereka dengan mosaik serta berbagai tektur ubin, warna  serta etnik khusus sehingga kamar mandi tersebut lebih elegan dan menarik.
Untuk contoh standard kamar mandi mungkin bisa anda melihat di hotel-hotel atau tempat penginapan lainnya.

Ubin kamar mandi datang dalam berbagai bentuk, pola, warna, tekstur yang harus anda pertimbangkan pilihan yang paling cocok untuk kamar mandi anda, terutama ukuran ruangan juga menjadi pilihan untuk ubin yang akan dipakai.

Tips memilih ubin yang paling penting adalah ketahanan ubin terhadap kelembaban, karena kamar mandi terus menerus dalam keadaaan basah. Hal kedua yang paling utama adalah pemilihan bahan yang anti slip, karena sangat berbahaya jika lantainya licin terutama buat orang-tua dan anak-anak. Bahan ubin yang digunakan juga harus mudah untuk membersihkannya terutama sering adanya lumut atau jamur pada ubin.
Jika anda juga membeli ubin untuk dinding kamar mandi pilihlah dengan warna yang berbeda dengan lantai, hal akan menambah efek visual yang lebih menarik.

Cara memasang ubin untuk kamar mandi juga relatif mudah bagi tukang apalagi yang sudah berpengalaman. Jika pada ruangan membutuhkan ubin yang kecil juga tidak begitu masalah karena alat pemotong khusus untuk ubin cukup banyak tersedia. Jika anda membeli ubin sebaiknya dilebihkan beberapa buah, hal ini jika terjadi pecah atau retak maka dengan mudah tukang akan menggantikannya.

Tips untuk membersihkan merupakan bagian yang paling penting dan rutinitas pembersihan sehari-hari. Kamar mandi harus dengan mudah dibersihkan pada semua bidang artinya semua bagian pada ruangan dengan mudah di akses. Hal yang paling umum untuk membersikannya adalah dengan sikat. Seharusnya anda menyikat tiap hari, agar kamar mandi terhindar dari lumut dan noda kotoran lain.

Cairan pembersih begitu banyak dijual dipasaran saat ini. Anda juga harus hati-hati dalam memilih produk. Kebanyakan cairan pembersih tersebut mengandung kimia berat dan tidak ramah lingkungan, bahkan diantaranya banyak yang merusak ubin keramik itu sendiri. Kertika pertama kali anda menggunakannya semua kelihatan bersih dan mengkilat, tampak keramik anda seolah-olah baru kembali. Tetapi lama-kelamaan warna keramik menjadi buram karena bahan kimia tersebut mengikis habis permukaan keramik.

Bahan yang paling umum yang baik anda gunakan adalah sabun biasa dan atau bahan untuk pencuci piring atau gunakan baking soda. Anda dapat menggunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan bagian-bagian yang sulit.
Mulailah dari atas ketika membersihkan, mulai dari perabotan didalamnya sampai kebawah atau toilet termasuk westafel jika ada didalamnya

Jelas bahwa membersihkan kamar mandi bukan pekerjaan yang menyenangkan. Selain memakan waktu yang cukup lama juga mengalami bau yang tidak menyenangkan.
Bagaimanapun juga kamar mandi harus higienis dan harus tetap bersih. Kualitas suatu rumah ditentukan kondisi kamar mandinya. Bukan hanya nyaman bagi pemakainya, tetapi kamar mandi bagian yang terpenting dari keseluruhan rumah.

1 comment:

  1. thanks banget gan untuk informasinya, lengkap banget. ini sih sangat berguna banget untuk yang membaca menambah pengetahuan juga mengenai menjaga rumah supaya tetap bersih

    yuk gan jangan lupa disimak juga informasi berupa rumah nih barangkali ada yang lagi cari, jadi bisa sedikit membantu


    tokobagus rumah
    jual beli rumah
    perumahan
    properti

    ReplyDelete